Senin, 18 Mei 2015

Bimbingan Pra Nikah - GBI Modernland



Mulai 11 May 2015, setiap senin malam jam 19.00 – 21.30 aq sama honey udah punya kegiatan rutin, yaitu ikut Bimbingan Pra Nikah ..mungkin kalo yg lain ada yg cuma 2x ato 3x pertemuannya, beda sama gereja ku yg mengharuskan capeng ikut 8x pertemuan buat ikut bimbingan ini ..

Cukup excited sih sebenernya, karena berkali2 pendeta yg bakal berkati kita nanti itu bilang kalo bimbingan pra nikah itu hal yg penting banget buat kita ikutin dengan sungguh2, soalnya bakal ngupas tuntas tentang kehidupan rumah tangga yang sesuai dengan alkitabiah dan apa aja pedoman buat membangun rumah tangga yg berkenan di hadapan Tuhan ..

Pertemuan 1
Perkenalan pendeta yg bakal ngajar selama 8 minggu kedepan, namanya Pdt. Dwi, beliau dokter hewan ..

di bagiin buku untuk kita isi selama kelas bimbingan ini berlangsung @Rp80.000 untuk 2 buku (masing2 capeng harus punya 1 buku)

pertemuan pertama ini ngebahas dan mereview materi apa aja yg bakal kita pelajari selama 8minggu kedepan ..sempet di info juga kalo di pertemuan ke 7 nanti *kalo gak salah* ada pertemuan dengan orang tua, jadi orang tua capeng juga harus di ajak, dan nanti jadi kayak pertemuan keluarga gtu deh ..orang tua juga dikasih arahan mengenai anak2nya yg hendak memulai kehidupan rumah tangga ..


Modul Pertama mengenai Dasar-Dasar Pernikahan Kristen

Sudah pernah mikir apa yg jadii alasan utama kalian ingin menikah ????

ada beberapa alasan dasar pernikahan yg sering  dijadikan  alasan untuk menikah, diantaranya :
1. karena sudah tamat sekolah dan sudah bekerja
2. karena desakan orang tua
3. karena tidak tahan kesepian
4. karena umur sudah lanjut
5. karena tuntutan adat istiadat
6. karena hasrat seks
7. karena mau balas jasa


Tapiiiii ternyata alasan pernikahan yg Tuhan mau itu adalah :
1.      Menikah merupakan salah satu Kehendak Allah (inget firman Tuhan mengenai perintah beranak cucu dan  bertambah banyak, serta penuhilah bumi ?)
2.      Mengekspresikan Komitmen & Kesetiaan (ini alasan sayaaaaaaa *ngacungin jari telunjuk tinggi2*)
3.      Memiliki sebuah keluarga tempat menumpahkan kasih sayang
4.      Memenuhi kebutuhan dan hasrat seksual dengan kudus dan dikehendaki Tuhan

Pernikahan Kristen merupakan pernikahan sacral yg ngga kenal sama perceraian, jadi sebisa mungkin kita harus punya dasar / foundasi yg kuat dalam memutuskan untuk menikah ..sebelum mengakhiri pertemuan, pendeta dwi bilang gini :

“jadikan pernikahan kalian menjadi pernikahan yg Satu Daging, satu daging dalam hal ini bukan semata2 tentang persetubuhan, melainkan pernikahan satu daging yakni pernikahan layaknya daging yg tidak bisa dipisahkan oleh apapun, yg jika tetap dipaksakan, akan melalui proses yg sangat menyakitkan yaitu pendarahan (bisa bayangin daging kita yg jika ingin dipisahkan harus disayat dulu ?dan akan menimbulkan pendarahan *kata pendeta sambil tunjukin daging di lengan*)

Sama sekali bukan bermaksud untuk khotbah atau sok suciii, tapi semata2 Cuma mau sharing aja, apa yg udah aq dapet dr pertemuan BPN ..siapa tau ada yg belum tau mengenai materi ini, dan bersyukur bgt kali bisa bermanfaat buat kita semua ..

Semoga kita semua sudah punya alasan yg tepat dan kuat untuk memutuskan untuk menikah yaaa ..sisanya berserah sm Tuhan, biar Tuhan yg atur semuanya sesuai rencanaNya yg terbaikkk ..aminnnnn :)
Posted on by derry octaviance | 9 comments

9 komentar:

  1. gue pun merasakan BPN yang 8x ini der, hehehehehe sama2 GBI soalnya :)
    seru kok der tiap pertemuannya, jadi belajar banyak hal terutama makin kenal sama diri sendiri + pasangan qta

    BalasHapus
  2. @ci ping : tosss dulu dong ciii *sodorin tangan*
    cici dikasih buku kayak gtu juga ga ?iyaaaah bermanfaat bgt ya cii ..kita bsa belajar banyak dr sini :)

    BalasHapus
  3. ak juga lagi ikut BPN der, tinggal 4x pertemuan lagi, total si lebih dari 8 pertemuan kalo aku XD hehe ntr mau bahas juga ah d blog ^^

    BalasHapus
  4. *toss der*
    hooh bukunya wajib beli punya, hehehehe en tiap pasangan tetep harus punya atu2 + ada peer di tiap pertemuan yang kudu dikerjain :)

    BalasHapus
  5. BPN ini bener2 ngebantu para capeng untuk lebih memahami alasan mereka mau nikah, dan saling mengenal 1 sama lain jg *walopun udah pacaran bertahun2*..
    walopun gw pribadi sebelumnya ga tau ttg BPN, tapi dari postingan beberapa blogger, gw jadi tau sebenernya BPN itu seperti apa, isi materi nya gimana.
    bener2 bermanfaat der.. :D

    BalasHapus
  6. @ ci nie : waaaah dikau diem2 udah duluan ikutan BPN ya cii ..hahaha
    iyaaaah di share ciii ..siapa tau isinya bermanfaat buat capeng maupun couple yg ngga sempet ikut BPN :)

    @Ci Chyntia : betuul betuul cii ..tujuan aq share juga biar bermanfaat buat capeng2 lain ..setidaknya pasti ada materii2 yg baguss buat kita para capeng ya cii :)

    BalasHapus
  7. samaan yah.. aku juga di GBI. materi juga sama.

    BPN ini menurut aku perlu banget yah. karena kehidupan rumah tangga kan bener2 baru dan kita pasti masih ngeraba2 akan apa yang terjadi waktu bener2 udah tinggal berdua. :)

    lancar2 yaa der..

    BalasHapus
  8. ci evi : iyaaaapsss ci setujuuuu ..menurut aq juga pentiiiiiiiing bgt ..kita dikasih banyak bgt arahan n bimbingan tentang gimana jalanin rumah tangga nantinya ..
    jangan dilupain ya ci materi2nya, dibaca2 lagiii bukunya :p hehehe

    BalasHapus