Kamis, 28 Juli 2016

Asuransi ?

Semenjak merid, aq agak aware sama asuransi karena kami berdua sama sekali ngga dapet cover asuransi dari masing2 kantor. Padahal pas masih pacaran mah belom kepikiran tuh. Langsung dehh cari2 agent asuransi, dan ketemu lah sama salah satu agent asuransi ternama P.

Sempet searching2 juga dikit2 tentang produk2 asuransi, dan karena emang awalnya mau nyari asuransi untuk cover full kesehatan, tapii pas ketemu sama agentnya, dia gak referensiin kita buat masuk yg full kesehatan , tapi dia referensiin kami untuk masuk yg ada unsur ‘investasinya’.
Hmm sebenernya sama sekali gak tertarik, tapii karena dia bilang produk asuransi investasi itu lebih menguntungkan, karena dlm jangka waktu 5-10 tahun kedepan itu uang yg uda masuk, bisa kita ambil lagi, dan juga sekaligus dapet cover untuk rawat inap.
Kenapa harus pilih yg full kesehatan kalo ada yg lebih menguntungkan ? ok akhirnya kami beli produk itu.

Nah, beberapa minggu lalu aq sakit, dan ke rumah sakit. berharap bisa ngandelin si kartu asuransi dong. Tapi eh tapi ternyata nilai fasilitas yg waktu itu pernah aq baca pas lagi negosiasi sama agent dengan data yg ada di kartu itu beda. Waktu itu dapet biaya rawat inapnya misall 500rb per hari, tapi ternyata Cuma 200rb per hari . hiks. Langsung kontek ke agent dengan menyertakan bukti email yg pernah dia kirim waktu itu, dan finally dia bilang dia salah.
Uda terlanjur kecewa dong yaaa, mbok ya kalo emang dr awal ngga dapet kamar yg harga segitu, kasitau aja dari awal yaaa.

Rasanya uda males untuk konsultasi n ngomongin sama agentnya lagi, dan akhir2 ini mulai cari2 lagi perbandingan beberapa produk di beberapa perusahaan asuransi. Tetep kayak awal, pengennya yg full kesehatan namun yg pembayarannya monthly. Udah ketemu sama kandidat pertama si A. Tetep ujung2nya ditawarin yg ada unsur tabungan / investasinya. Huh, kenapa begini yaaa ?apa kalo yg ada unsur invest itu komisi mereka jd lebih gede ? atau emang pure itu yg the best buat para customer ?

Di A ini kita bakal dapet penggantian uang cash kalo kita kena sakit kritis atau meninggal, dapet biaya perawatan di rs dengan limit tertentu, PLUS tabungan yg bisa kita ambil dalam jangka waktu 5 – 10tahun ke depan. Tadinya kan aku maunya cover untuk Rawat jalan n rawat inap. Tapi setelah dijelasin sama agent, kalo rawat jalan itu jangan terlalu di fokuskan karena : nilai uangnya gak terlalu besar, masih bisa dicover sama uang pribadi. Nah kalo sakit kritis, itu kan butuh uang besar, itu yg harus kita pikirkan mateng2 kalo sampe gak punya asuransi untuk cover hal ini. Iyaa juga sih yaa, hmm. kayaknya sih bakal ngedeal sama produk ini.

Tapi masih penasaran pengen tau produk dari perusahaan kandidat satu lagi si M. Tapi belum ada kenalan dr perusahaan M nih. Hehe

Kalo teman2 pake asuransi apa yaaaa ?plus minusnya gimana ? ada saran untuk milih asuransi ?share dong :D



Posted on by derry octaviance | 16 comments

16 komentar:

  1. Ii aku orang Manulife. Aku ga masuk asuransi kesehatannya sih soalnya udah dicover kantor, jadi kurang tau. Cuma masuk di asuransi jiwanya aja. Tapi kalo denger sharing2 orang lain kayaknya Manulife termasuk yang lebih sering menawarkan produk full kesehatan, tanpa embel2 investasi. Ga tau deh sekarang gimana hehehe. Soalnya Prudential emang hampir selalu nawarin yang modelnya unit link gitu alias ada investasinya. Emang harus jeli dan sering2 nanya Der ke orang2 yang udah pake asuransi kesehatan, biar tau pas realisasi penggunaan asuransinya gimana. Apakah sesuai yang dipresentasikan dll.

    BalasHapus
    Balasan
    1. enaknyaaa kalo uda di cover sama kantor. huhu
      aq kalo uda d cover kantor juga paling tinggal cari asuransi tambahan aja.
      iyaaa ci musti jelii.
      thankyou yaaa ci

      Hapus
  2. Derryyy... iyah aku juga ada masuk asuransi perusahaan P.... emank kalau dapet agent ini bener" harus dapet agent yang tulus bantuin kita yah. karena mereka kebanyakan cuman nyari untung saja. ini ajah kata temen aku yang jadi agent P ajah (aku masuk P gak sama dia), aku punya manfaat polis kacau banget berantakan hahaha... semua ada ujung"nya terserah kita Der mau manfaat yang seperti apa. mau di gedein dimana... mau ada investasi/gak.. mau yang Rumah sakit berapa... semua tergantung kita-nya. jadi balik lagi ke kamu sih apa yang kamu prioritaskan.. kalo temen aku si agent ini sih lbh menyarankan nasabah"nya untuk focus di rumah sakit...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nahhhh, pengalaman bukuk sama P ya ci.
      akhirnya aq mutusin stop aja nih, dengan cukup banyak pertimbangan.
      thankyou ya ci

      Hapus
  3. Ak nasabah asuransi p.. klo a itu acelife apa allianz y?
    Soal polis km di p sih hrs di cek dlu isinya apa aja dan bayarnya brp per bulan.. dan pembagian dgn investasinya kyk gmn.. jd gak bs pake omongan bagus apa engga. Tergantung produk yg km beli. Nah masalahnya kadang kt gak ngerti produk apa yg kt beli jdnya gak bs dapetin manfaat maksimal dan menjudge oh ini asuransinya gak bagus n kalo ak liad agent km jg kurang ahli dalam menjelaskan produk2 asuransi tsb. Agentnya baru y? Benernya sih bagusan yg ad investasinya emang krn ad dana yg bs kita sisihkan dan siapa tao jumlahnya meningkat dlm 5-10 thn ke depan. Setuju soal rawat jalan gak trll penting2 amat yg penting biaya RS dan pertanggungan klo trjadi pnyakit kritis or klo kecelakaan. Tapi balik lg ke nasabah maunya produk spt apa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaaa nie, tergantung kebutuhan masing2, tapi aq kayaknya memang kurang cucok di P. heheheh.
      Thankyou infonya nie

      Hapus
  4. Biar sy bantu jawab.. ak pakai asuransi P yg tenar itu.. ak rasa ad kesalahpahaman antara nasabah selaku derry disini sama agentna si X.. selain itu si X jelasinna mgkn seadanya, pengetahuan derry ttg asuransi mgkn jg blm banyak. Mgkn saat ttd ilustrasi itu kurang dijelaskan padahal jls kog ada rincianna disana..
    Jadi ini bukan salah asuransinya tp mgkn agentna yg ga jelasin dan pengetahuan nasabah itu..
    Karena kesalahpahaman itu jd beranggap asuransi itu jelek..pdhl bukan seperti itu..
    Yg harusna aware adl produknya memang apa yg dibutuhkan n apa yg ditawarkan..
    Selain itu jgn anggp agent adlh malaikat, kita sbg nasabah harus bs urus sendiri asuransi kita agar nanti gk merepotkan jika agent hilang /resign jdi agent...
    Klo untuk produk yg ada nilai invest na ak pikir oke2 aja krn bs menambah cadangan dana darurat.. apalagi kalau unitna hargana tinggi...drpd kita jajanin tiap bln blm tentu kekumpul segitu..
    Fyi ak da pakai P dr 2013..^^ smga membantu...klo kurang jelas japri aja ^0^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooooo Nana
      iyaaaa aq bermasalah sama agentnya aja kyknya, jd gini deh. udah keburu kesel n bete juga.
      Thankyou bgt yaaaa

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Haloo Der...
    Aku juga nasabah Asuransi P sejak 2012..hehe dari kantor juga dapet asuransi LGI (karena satu Group) banyak ya disini yang pake si P, menurutku yang ada Investasinya juga bagus Der, jadi nanti klo udah 10-15 tahun dananya bisa kita ambil.. lumayan kan...
    mungkin ini agennya masih baru jadi jelasinnya seadanya aja x ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. haloooo ci
      iyaaa investasi jangka panjangnya sih oke yaaa, cm uda keburu bete karena dpet agent yg ngga konsisten ci .
      dibilang baru sih engga juga ci.
      thankyou ya ci

      Hapus
  7. hai derry. saya agen asuransi Acelife (skarang jadi ChubbLife). Mgkn saat ttd ilustrasi itu kurang dijelaskan padahal jls kog ada rincianna disana..
    Jadi ini bukan salah asuransinya tp mgkn agentna yg ga jelasin dan pengetahuan nasabah itu..
    Karena kesalahpahaman itu jd beranggap asuransi itu jelek..pdhl bukan seperti itu..
    Yg harusna aware adl produknya memang apa yg dibutuhkan n apa yg ditawarkan..
    Selain itu jgn anggp agent adlh malaikat, kita sbg nasabah harus bs urus sendiri asuransi kita agar nanti gk merepotkan jika agent hilang /resign jdi agent...
    Klo untuk produk yg ada nilai invest na ak pikir oke2 aja krn bs menambah cadangan dana darurat.. apalagi kalau unitna hargana tinggi...drpd kita jajanin tiap bln blm tentu kekumpul segitu..

    BalasHapus
  8. Hi sis,
    Salam kenal, kebetulan lagi blog walking buat wedding prep, jd ketemu blog nya sis d.
    Aku dulu pernah kerja di perusahaan asuransi, memang beli asuransi itu harus hati-hati sih dengan agentnya, karena mereka mostly incar jumlah premi yang dibayarin. dan reason kenapa biasa yang banyak ditawarin itu produk unit link, karena unit link itu komisinya bisa berjalan sampai 3 tahun(tergantung perusahaan).

    Saran ku sih, better beli asuransi traditional(untuk jiwa aja) + asuransi kesehatan yang dibayar tahunan karena yang ini covernya lebih full, contohnya: https://mediplus.co.id/product

    Hopefully this help :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiiiiii .
      Nah jawaban kayak gini nih yg aku tungguin.hehe
      thankyou somuch yaaa
      bener aja kan tuh,kenapa mereka gencar banget nawarin yg unit link
      sekali lagi thankyou banget yaaa
      happy preparation
      Gbu

      Hapus
  9. Hai, Derry

    Menurut saya memang urusan investasi dan asuransi sebaiknya dipisahkan, jadi manfaat yg diperoleh optimal. Bagi yang tidak mendapat coverage dari kantor, asuransi kesehatan sangat penting. Saya sendiri walaupun dapat coverage dari kantor, masih ikut asuransi kesehatan juga, untuk berjaga bila jatuh sakit dan ada biaya rawat inap yg tidak masuk coverage kantor.

    Asuransi kesehatan yg saya ikuti adalah Simas Sehat Executive dari Sinarmas (http://www.simassehat.com/produk/sse/). Coverage-nya sesuai tagihan lho (http://www.simassehat.com/produk/sse/tabel_jaminan_simas_sehat_exe.html), dengan premi yg murah. Saya sendiri ikut Plan D, premi tahunan cuma 1,7 jutaan.

    Oya, saya bukan agen asuransi manapun lho, hanya sharing sebagai sesama pekerja.. :D

    Semoga sharing saya bisa menjadi bahan referensi buat Derry. Silakan dibaca dan dicari asuransi mana yg paling cocok. Untuk mencari dan memilih produk ini memang kita harus rajin. Tidak akan ada agen asuransi yg bisa kita panggil, lalu dia datang dan menerangkan. Jadi harus kita yg rajin menggali informasi. Beda dengan asuransi jiwa ya, apalagi yg ada unsur investasinya. Kalau yg seperti itu agen asuransinya akan rajin mendatangi dan menawarkan produknya pada kita, karena komisinya besar.. :D

    BalasHapus
  10. Der, telat nih br baca. my hubby br msk asuransi lg yg kedua. dy pny di P and di A. yg di A kebetulan agennya sepupunya. n dy jelasin panjang lebar alasan klo asuransi jgn ambil yg dgn investasi. pure hrs yg kesehatan aja. untuk investasi bs dr mana aja klo ada dana mah.

    BalasHapus